Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Nurul Islam Indonesia Medan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva yang telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam materi pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh persentase validitas pengembangan media sebesar 94,17 persen dari ahli media dan 92,36 persen dari ahli materi yang berada pada kriteria sangat valid. Kepraktisan media telah memenuhi kriteria praktis, berdasarkan respon guru diperoleh persentase 90,91 persen, dan respon siswa diperoleh persentase 83,97 persen saat uji coba I dan 85,17 persen saat uji coba II. Media yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif, berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 88 persen saat uji coba II (saat uji coba I hanya 73 persen) dan pencapaian waktu penelitian sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran biasa. Hasil uji Gain terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa saat menggunakan media pembelajaran mengalami peningkatan, dengan nilai N-Gain saat uji coba I yaitu 0,36 (kategori sedang) meningkat menjadi 0,43 saat uji coba II (kategori sedang). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tersebut menjadi penguatan terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva dalam proses pembelajaran di kelas.