Analisis pembelajaran Synchronous dan Asynchronous dalam meningkatkan Civic Competence di Sekolah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh Civic Competence yang didalamnya mencakup (civic knowledge, civic skills, dan civic disposition) dalam Pembelajaran di sekolah baik secara synchronus ataupun asynchronus. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan analisis menggunakan kuesioner kepada guru dan siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa banyak dari siswa yang kurang memahami ataupun tidak memahami materi selama pembelajaran dilaksanakan secara daring. Ada juga beberapa siswa yang mengeluh terkendala kuota ataupun jaringan saat pembelajaran daring dilakukan. Berbeda dengan pembelajaran daring, pembelajaran luring sangat dirasa lebih efektif oleh siswa karena, dapat lebih memahami materi. Dan siswa pun mudah bergaul dengan sesama karena lebih banyak interaksi saat pembelajaran dilakukan secara luring. Sama halnya dengan siswa, guru pun banyak merasakan perbedaan dari pembelajaran daring dan luring. Banyak guru yang merasa kurang efektifnya pembelajaran daring terutama dalam peningkatan kompetensi kewarganegaraan. Guru juga harus memberikan pengetahuan dengan mengkombinasikan pembelajaran yang di sesuaikan dengan karakter peserta didik dalam kelas baik secara daring maupun luring.