Upaya peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model Project Based Learning melalui media Augmented Reality

Main Article Content

Ema Sujar Wati
Mursidah Rahmah
Siti Nurlaela

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajr siswa melalui penerapan model Project Based Learning melalui media Augmented Reality (AR) dalam materi energi dan perubahanya pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III-A di SDN Polisi 1 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin dengan 4 tahapan yaitu; perencanaan; tindakan; observasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini berupa siswa kelas III-A sebanyak 26 peserta didik yang terdiri atas 16 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Adapun teknik pengumpalan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa tes tertulis yang dilaksanakan pada akhir siklus pembelajaran. Pengumpulan nilai awal pada tahap pra siklus menggunakan data nilai ulangan harian pada tema sebelumnya. Sedangkan, teknik non tes berupa teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi selama penelitian berlangsung. Berdasarkan hasil siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 76,5. Pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 86,5 artinya terjadi peningkatan sebesar 10. Dengan demikian, upaya peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model Project Based Learning dan media Augmented Reality (AR) pada materi energi dan perubahannya telah terbukti berhasil dan dapat digunakan sebagai referensi pada materi pembelajaran lainnnya.

Article Details

How to Cite
Wati, E. S., Rahmah, M., & Nurlaela, S. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model Project Based Learning melalui media Augmented Reality . Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 93–99. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i2.711
Section
Articles