Analisis kesalahan siswa SMP Kelas IX dalam menyelesaikan materi relasi dan fungsi

Main Article Content

Fiha Mawaddah
Laila Anggie Ineztasyah
Putri Wulandari
Suci Frisnoiry

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-4 UPT SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 17 siswa yang dilakukan pada hari Sabtu, 15 April 2023, yang telah mempelajari materi relasi dan fungsi. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan tentang kesulitan siswa dalam belajar matematika. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes hasil pembelajaran dengan memberikan 3 soal yang dianalisis berdasarkan penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian data dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal Relasi dan Fungsi siswa melakukan kesalahan yaitu kesalahan konsep sebesar 70,58%, dan kesalahan prinsip sebesar 88,1% dan kesalahan operasi sebesar 5,88% sehingga kesalahan yang paling banyak terjadi adalah kesalahan konsep dan kesalahan prinsip . Faktor penyebabnya adalah relasi dan fungsi adalah siswa tidak teliti, siswa tidak dapat menentukan metode yang harus digunakan, dan siswa tidak mampu memaham soal cerita dengan tepat.

Article Details

How to Cite
Mawaddah, F., Ineztasyah, L. A., Wulandari, P., & Frisnoiry, S. (2023). Analisis kesalahan siswa SMP Kelas IX dalam menyelesaikan materi relasi dan fungsi . Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 119–124. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i2.719
Section
Articles