Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa pada soal permutasi dan kombinasi. Dalam mengatasi masalah ini, diperlukan suatu analisis yang baik dan gambaran yang menyeluruh, sehingga dapat memberikan solusi yang tepat. Metodologi yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisis yang dapat memberikan suatu tinjauan untuk masalah yang berbentuk soal cerita seperti dalam kasus permutasi dan kombinasi ini adalah analisis Newman. Analisis ini dimulai dari tahap membaca, memahami, mentransformasi, memproses masalah sampai menulis jawaban akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah permutasi dan kombinasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian terdiri dari 4 soal tes yang berhubungan dengan topik permutasi dan kombinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar mahasiswa membuat kesalahan karena kurang memahami soal. Selain itu, mahasiswa juga membuat kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, kesalahan membaca, dan kesalahan penulisan jawaban akhir.