Literature review hubungan pengetahuan gizi dan praktik pemberian makan terhadap status gizi anak usia prasekolah
Main Article Content
Abstract
Pengetahuan gizi ibu dan praktik pemberian makan pada anak merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan. Status gizi anak akan meningkat secara signifikan jika pengetahuan, sikap serta praktik ibu/pengasuh mengenai pola makan seimbang untuk anak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Program pendidikan maupun penyuluhan mengenai gizi merupakan salah satu upaya yang dapat membantu mengembangkan pengetahuan ibu tentang pemenuhan kebutuhan bayi dan balita. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi ibu dan praktik pemberian makan atau pola makan anak dengan status gizi anak usia prasekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yakni rancangan literature review dengan meninjau tiga jurnal yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dari ketiga jurnal yang telah diulas. Sebagian besar anak usia prasekolah memiliki status gizi normal atau status gizi baik dan sebagian besar ibu memiliki pengetahuan yang baik terhadap pola makan anak khususnya pada usia prasekolah. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dan praktik pemberian makan terhadap status gizi anak usia prasekolah.