Analisis kemampuan HOTS siswa SMA pada materi barisan dan deret aritmatika

Main Article Content

Ananda Putri Khairunnisa
Fadhilah Ramadhana Lubis
Hafiz Bagus Furqon
Suci Frisnoiry

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi barisan dan deret aritmatika. Peneliti menggunakan metode penelitian berupa deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 8 orang siswa/i kelas XI SMA Swasta UISU Medan tahun ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tertulis berjumlah 3 soal materi barisan dan deret aritmatika. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh 75% memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal HOTS tingkat C4, 62,5% memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal tingkat C5, dan 50% memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal tingkat C6. Dari hasil tersebut, masih diperlukan adanya evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi barisan dan deret aritmatika.

Article Details

How to Cite
Khairunnisa, A. P., Lubis, F. R., Furqon, H. B., & Frisnoiry, S. (2023). Analisis kemampuan HOTS siswa SMA pada materi barisan dan deret aritmatika. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1525–1530. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i12.770
Section
Articles