Analisis kemampuan HOTS siswa SMA pada materi barisan dan deret aritmatika
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi barisan dan deret aritmatika. Peneliti menggunakan metode penelitian berupa deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 8 orang siswa/i kelas XI SMA Swasta UISU Medan tahun ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tertulis berjumlah 3 soal materi barisan dan deret aritmatika. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh 75% memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal HOTS tingkat C4, 62,5% memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal tingkat C5, dan 50% memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal tingkat C6. Dari hasil tersebut, masih diperlukan adanya evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi barisan dan deret aritmatika.