Analisis perilaku Konsumen pada restoran Jepang dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI)

Main Article Content

Selica Banowati
Faida N Zakiyah
Nafla Hasna Alifa
Legi Hizratullah
Aisyah S Damarjati
Sabrina Puteri Anjani

Abstract

Restoran khas Jepang merupakan salah satu restoran yang cukup menarik perhatian konsumen pada masa kini. Namun, kecenderungan masyarakat Indonesia yang mempertimbangkan citarasa khas budaya lokal dalam makanan yang disajikan akan ikut mempengaruhi gaya penyajian makanan tersebut meskipun makanan tersebut direpresentasikan di negara lain. Berdasarkan tantangan tersebut, Raito-Ya perlu melakukan analisis perilaku konsumen untuk mempertahankan dan meningkatkan usahanya. Perilaku konsumen merupakan tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului tindakan ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis perilaku konsumen terhadap restoran Jepang “Raito-Ya” dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Metode yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) yaitu merupakan metode yang menggunakan indeks untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen berdasarkan atribut-atribut tertentu. Hasil menunjukkan bahwa untuk uji validitas dinyatakan valid dengan r hitung > r tabel (0,2185), begitupun uji reliabilitas dinyatakan reliabel dengan r hitung > r tabel (0,2185). Pada uji CSI menunjukkan kepuasan konsumen berada pada kriteria “setuju”.

Article Details

How to Cite
Banowati, S., Zakiyah, F. N., Alifa, N. H., Hizratullah, L., Damarjati, A. S., & Anjani, S. P. (2023). Analisis perilaku Konsumen pada restoran Jepang dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 148–156. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i3.817
Section
Articles