Implementasi program literasi pada kurikulum merdeka di SD Negeri Karangasem 1 Surakarta
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan implementasi program literasi pada Kurikulum Merdeka di SD Negeri Karangasem 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program literasi sekolah sudah disusun dengan baik namun belum ada program kerja administratif yang secara khusus dirancang untuk mendukung program literasi. Tahapan pelaksanaan program literasi sekolah melalui tiga tahapan yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Evaluasi program literasi sekolah sudah terlaksana melalui tiga jenis instrumen evaluasi, yaitu evaluasi formatif, evaluasi sumatif, dan ANBK. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program literasi sekolah pada SD Negeri Karangasem 1 Surakarta meliputi komitmen kepala sekolah, guru yang mengemas program literasi secara menarik, terjalinnya kerja sama dengan beberapa organisasi, adanya hibah buku, dan pemanfaatan media sebagai sumber literasi yang tepat. Sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan media pembelajaran dan sarana, kebiasaan yang belum tertanam pada diri peserta didik dalam membaca, alokasi waktu yang kurang serta peserta didik yang belum fasih dalam membaca dan menulis.