Strategi pembelajaran kontekstual dengan berbantuan media pembelajaran Audiovisual terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI
Main Article Content
Abstract
Pendidikan memang menciptakan perubahan, karena berkenaan dengan penanaman nilai-nilai kebenaran, kesucian dan kebaikan hidup bagi manusia. Dalam perspektif individu, proses pendidikan menghasilkan perubahan tingkah laku anak didik melalui pembinaan atau bimbingan terhadap potensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kontekstual berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran biologi materi sistem ekskresi pada manusia terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas XI di Pesantren Fajrul Iman, yang mana sampelnya menggunakan 2 kelas. Kelas XI B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual berbantuan media audiovisual, sedangkan kelas XI PK sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran kontekstual berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa.