Penerapan model kooperatif tipe TAI (Team-Assisted-Individualization) terhadap keaktifan dan sikap sosial siswa kelas X SMK Kristen BM Salatiga melalui aplikasi open camera
Main Article Content
Abstract
Tujuannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model ini berdampak pada peningkatan partisipasi siswa di SMK Kristen B&M Salatiga, khususnya pada materi pembelajaran informatika tentang fotografi. Dalam penelitian ini, model pembelajaran TAI digunakan untuk memanfaatkan kecerdasan buatan dalam pembelajaran. Metode quasi eksperimen digunakan untuk membandingkan hasil pembelajaran antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran TAI dan kelompok yang tidak. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket, yang memberikan informasi tentang interaksi siswa dengan teknologi tersebut dan tanggapan mereka terhadap pengalaman belajar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TAI dan media open camera memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat keaktifan dan sikap sosial dalam mata pelajaran TIK.