Meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning
Main Article Content
Abstract
Minimnya inisiatif guru saat ini dalam mengembangkan proses pembelajaran yang baik sudah jarang ditemui khususnya di SD/MI. Dominan dari guru tersebut tidak mau untuk berkreatifitas dengan alasan waktu yang kurang efektif. Padahal, mengembangkan proses pembelajaran yang baik akan berimplikasi yang baik juga terhadap peserta didik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu studi perpustakaan (library research) adalah mencari data melalui buku-buku atau jurnal-jurnal yang berkaitan dengan pembahasan dalam judul penelitian yang peneliti ambil yang kemudian dianalisis serta dibuat kesimpulannya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di MI/SD.