Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian pada anak prasekolah
Main Article Content
Abstract
Kemandirian merupakan kebutuhan asih yang hendaknya dimiliki oleh anak usia prasekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian adalah pola asuh. Pola Asuh Demokratis membantu orang tua memperlakukan anak sesuai tingkat perkembangannya, memahami keinginan anak, memiliki harga diri tinggi, kematangan psikologi sosial, kemandirian, dan mampu bergaul dengan teman. Kemandirian mempengaruhi kinerja, pencapaian tujuan hidup, prestasi, kesuksesan, dan penghargaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian pada anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif dan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini orang tua anak berusia 3-6 tahun yang bersekolah di KB-TKIT Anak Sholeh Bantul Yogyakarta sejumlah 196 orang dan sampel sebanyak 132 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian dianalisa menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 125 responden dalam penelitian ini menerapkan pola asuh demokratis dan sebanyak 7 responden tidak menerapkan pola asuh demokratis. sebanyak 126 anak dari responden dalam penelitian ini memiliki kemandirian dan sebanyak 6 anak dari responden cenderung tidak memiliki kemandirian. Hasil uji analisa data menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian pada anak prasekolah di KB-TKIT Anak Sholeh Bantul Yogyakarta.