Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan dosen terhadap resiliensi akademik mahasiswa rantau UPI dari luar Jawa Barat
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan dosen terhadap resiliensi akademik mahasiswa rantau UPI yang berasal dari luar Jawa Barat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan, yaitu The Academic Resilience Scale (ARS-30) yang diadaptasi oleh Aini (2020), Social Provisions Scale (SPS), dan alat ukur dukungan sosial dosen. Hasil penelitian dari 490 mahasiswa rantau UPI dari luar Jawa Barat menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari dukungan sosial teman sebaya dan dukungan sosial dosen terhadap resiliensi akademik mahasiswa rantau. Dukungan sosial teman sebaya dan dosen dapat memberikan pengaruh sebesar 73,9% terhadap resiliensi akademik mahasiswa rantau. Maka, semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya dan dosen, maka semakin tinggi pula resiliensi akademik mahasiswa rantau UPI yang berasal dari luar Jawa Barat. Hasil ini menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya dan dosen dapat berdampak positif bagi mahasiswa rantau, sehingga mahasiswa dapat menafsirkan kesulitan dalam bidang akademik sebagai suatu kesempatan untuk berkembang, dibandingkan suatu hal yang berdampak negatif terhadap diri. Hasil penelitian dapat menjadi landasan untuk mengembangkan dukungan sosial yang lebih baik terhadap mahasiswa rantau untuk membantu mahasiswa menghadapi kesulitan akademik yang dihadapi.