Hubungan terpaan informasi kanal Youtube “Gadgetin” dengan pengetahuan informasi teknologi dalam memilih gawai smartphone
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang terpaan informasi kanal youtube “Gadgetin” dengan pengetahuan informasi teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara frekuensi, durasi, serta atensi penyampaian informasi dari kanal youtube “Gadgetin” dengan pengetahuan informasi teknologi viewers dalam memilih gawai smartphone. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode kuantitatif dengan pendekatan analisis korelasi. Teori yang mendasari pada penelitian ini yakni teori terpaan informasi. Lalu teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket dan studi kepustakaan. Penyebaran angket dilakukan secara daring melalui google form. Adapun populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran yang telah memenuhi ketentuan kriteria penelitian, yang mana diketahui populasi yang telah memenuhi kriteria berjumlah 122 orang dan yang menjadi responden dalam penelitian ini diambil sebagai sampel sebanyak 55 orang. Penelitian ini menemukan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara terpaan informasi dari kanal YouTube "Gadgetin" dan pengetahuan viewers dalam memilih smartphone. Baik frekuensi maupun durasi terpaan informasi tidak menunjukkan korelasi yang kuat dengan tingkat pengetahuan viewers. Namun, terdapat hubungan yang lemah antara atensi terpaan informasi youtube channel “Gadgetin” dengan pengetahuan viewers dalam memilih gawai smartphone.