Hubungan literasi informasi dengan self-directed learning siswa Studi Korelasi pada Siswa SMAN 1 Kabupaten Tangerang

Main Article Content

Putri Latifa Adna
Yunus Winoto
Iwan Koswara

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah pembelajaran menjadi student-centered learning, yang menekankan kemandirian belajar (self-directed learning) dan literasi informasi sebagai keterampilan utama. Literasi informasi memungkinkan siswa mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif untuk menghadapi tantangan era digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami hubungan antara literasi informasi dengan self-directed learning siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi rank spearman. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Kabupaten Tangerang kelas XI dan XII tahun pelajaran 2023/2024 dengan kriteria sampel menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dan simpulan dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara akses informasi, evaluasi informasi, dan penggunaan informasi dengan self-directed learning siswa. Hasil penelitian ini mengimplikasikan perlunya integrasi literasi informasi dalam pembelajaran untuk mendukung kemandirian belajar di era digital.

Article Details

How to Cite
Adna, P. L., Winoto, Y., & Koswara, I. (2024). Hubungan literasi informasi dengan self-directed learning siswa: Studi Korelasi pada Siswa SMAN 1 Kabupaten Tangerang. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(11). https://doi.org/10.55904/nautical.v2i11.990
Section
Articles

References

American Library Association. (1989). American library association presidential committee on information literacy. American Library Association. https://www.ala.org/ala/acrl/acrlpubs/whitepapers/presidential.htm

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Rineka Cipta.

Ayyildiz, Y., & Tarhan, L. (2015). Development of the self-directed learning skills scale. International Journal of Lifelong Education, 34(6), 663–679. https://doi.org/10.1080/02601370.2015.1091393

Bruner, J. (1973). Beyond the information given: Studies in the psychology of knowing. In The conditions of creativity/WW Norton & Co. Norton.

Conner, T. R. (2012). The relationship between self-directed learning and information literacy among adult learners in higher education (Thesis). University of Tennessee.

Dewey, J. (2012). Unmodern philosophy and modern philosophy. SIU Press.

Garrison, D. R. (1997). Self-directed learning: Toward a comprehensive model. Adult Education Quarterly, 48(1), 18–33. https://doi.org/10.1177/074171369704800103

Ifadah, I., Damayanti, N. A., & Khadijah, U. L. S. (2019). Hubungan literasi informasi dengan self-regulated learning siswa: Studi korelasi mengenai hubungan literasi informasi dengan self-regulated learning pada siswa kelas XI dan XII SMAN 68 Jakarta (Thesis). Fikom Unpad.

Iska, Z. N. (2011). Perkembangan peserta didik. Kizi Brother’s.

Kelly, G. A. (1963). A theory of personality: The psychology of personal constructs. Norton.

Kuhlthau, C. C. (1990). Validating a model of the search process: A comparison of academic, public and school library users. Library and Information Science Research, 12(1), 5–31.

Kuhlthau, C. C. (2004). Seeking meaning: A process approach to library and information services (Vol. 2). Libraries Unlimited Westport, CT.

Ladell-Thomas, J. (2012). Do-it-yourself information literacy: Self-directed learning at a distance. Journal of Library & Information Services in Distance Learning, 6(3–4), 376–386. https://doi.org/10.1080/1533290X.2012.705168

Merriam, S. B., & Caffarella, R. S. (1999). Learning in adulthood: A comprehensive guide. ERIC.

Novanda, R. R. (2019). Hubungan literasi digital dengan self direct learning pada mahasiswa di daerah miskin Sumatera. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan, 21(1), 19–25. https://doi.org/10.7454/JIPK.v21i1.003

Nurmitasari, N., & Putri, D. A. (2021). Media pembelajaran gempytha sebagai inovasi pembelajaran matematika di era pandemi. Jurnal E-DuMath, 7(2), 58–70. https://doi.org/10.52657/je.v7i2.1545

Rukiarji, R. F. (2022). Hubungan self directed learning dengan literasi informasi pada mahasiswa yang sedang menjalani skripsi (Thesis). Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono, P. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.

Wolf, S. (2007). Information literacy and self-regulation: A convergence of disciplines. School Library Media Research, 10, 1–18.