Analisis pengaturan sudut pengapian dan durasi injeksi terhadap torsi motor bensin volume 2000 cm3
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi di bidang otomotif mendorong masyarakat untuk menciptakan berbagai inovasi salah satunya alat transportasi yaitu kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dengan dilakukannya kalibrasi atau remapping ECU standar pabrikan terhadap torsi pada motor bensin 4 silinder 2000 cm3.Penelitian ini menggunakan metode desain eksperimental. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah remapping sudut pengapian (std, std +2˚, std +4˚) dan durasi injeksi (std, std +2 Ms, std +4 Ms). Hasil penelitian diperoleh nilai sudut pengapian std +2˚ dan durasi injeksi std +2 Ms merupakan variasi yang menghasilkan torsi paling optimal yaitu sebesar 176 Nm. Pada sudut pengapian std +4˚ dan durasi injeksi std +2 Ms; sudut pengapian std +2˚ dan durasi injeksi std +4Ms; sudut pengapian std +4˚ dan durasi injeksi std +4 Ms, nilai torsi yang dihasilkan cenderung menurun.