Meta analisis: Hubungan stunting terhadap prestasi belajar anak
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh apakah stunting berdampak terhadap prestasi belajar seorang anak. Karena perlunya bukti sebagai bahan edukasi bagi orangtua mengenai hubungan sebab akibat tersebut, agar mereka memiliki kesadaran lebih untuk memerhatikan kondisi gizi sang anak. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh stunting terhadap prestasi belajar seorang anak. Penelitian ini dilakukan dengan Meta Analisis. Sebanyak 4 artikel/jurnal digunakan sebagai referensi data yang diinginkan. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, sebanyak 4 artikel/jurnal digunakan memeroleh hasil bahwa anak-anak yang memiliki prestasi belajar yang rendah, kebanyakan dari mereka merupakan anak yang mengalami stunting. Sehingga dapat dipahami bahwa stunting dapat menurunkan kemampuan kognitif seseorang. Tingkat kemampuan kognitif erat kaitannya dengan prestasi belajar. Dengan menurunnya kemampuan kognitif, maka prestasi belajar pun menurun. Selain itu, stunting juga membuat seorang anak rentan terkena berbagai penyakit, sehingga memengaruhi kehadirannya dalam kegiatan pembelajaran dan menghambat proses belajarnya. Maka, berdasarkan perhitungan yang mereka lakukan, persentase kemungkinan seorang anak yang mengalami stunting memiliki pretasi belajar yang baik lebih kecil dibandingkan anak yang tidak mengalami stunting. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa, stunting dapat memengaruhi prestasi belajar seseorang.