Keterampilan menulis: Studi kasus dalam teks akademik dan persyaratan penulisan yang baik dan benar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paragraf yang baik dan benar sesuai dengan struktur, unsur serta kaidah yang berlaku. Hal ini untuk membantu peneliti lain secara umum dan secara khusus kepada mahasiswa agar dapat menigkatkan keterampilan menulis karena menulis yang baik dapat menuangkan ide dan gagasan peneliti agar bisa dipahami oleh banyak pembaca. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan sehingga tidak terikat dengan tempat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis. Objek penelitian yang digunakan adalah teks akademik karya Baharun dkk. Penelitian ini akan menggunakan studi kasus sebagai metode utama. Studi Kasus akan melibatkan analisis mendalam terhadap teks akademik yang relevan sebagai contoh konkrit. Selain itu memuat persyaratan dalam menulis paragraf yang terdiri atas unsur-unsur paragraf, struktur paragraf, koherensi dan kohesi paragraf yang sesuai dengan kaidah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teks akademik yang dipilih telah memenuhi struktur serta unsur dari sebuah paragraf sesuai dengan kaidah bahasa indonesia.