Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar menulis teks observasi

Main Article Content

I Nyoman Artana

Abstract

Lemahnya hasil pembelajaran menulis siswa, dimana dari 25 jumlah siswa kelas VII (2) SMP Widiatmika hanya 8 orang peserta didik memperoleh nilai 70 keatas, menunjukkan adanya kendala yang terjadi di kelas bersangkutan hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan belum tepat dalam pembelajaran menulis teks observasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran dan motivasi belajar siswa dengan mengimplementasikan model pembelajaran discovery/penemuan. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik analisisi capaian belajar siswa melalui tahap prasiklus, tahap perlakuan siklus I, dan tahap perlakuan siklus II. Hasil penelitian menemukan bahwa dengan adanya penerapan model pembelajaran discovery, hasil pembelajaran dan motivasi aktivitas belajar siswa meningkat secara signifikan, hal ini tergambar dari hasil tes awal siswa mencapai skor rata-rata 42,08, namun ketika proses pembelajaran dengan menimplementasikan metode pembelajaran discovery learning diperoleh angka 70,28 pada siklus I dan terus berkembang menjadi 84,99 pada siklus II, maka dapat ditarik kesimpulan implementasi model pembelajaran discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam menulis teks observasi.

Article Details

How to Cite
Artana, I. N. (2024). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar menulis teks observasi. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(1), 41–48. https://doi.org/10.55904/nautical.v3i1.1260
Section
Articles