Transparansi dan etika bisnis dalam pemasaran produk skincare berbahan niacinamide di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Pertumbuhan pesat industri skincare di Indonesia menimbulkan tantangan etika, terutama terkait transparansi informasi dan tanggung jawab pemasaran. Produk berbahan niacinamide sering diklaim berlebihan tanpa bukti ilmiah yang memadai, sehingga memunculkan persoalan moral, hukum, dan kepercayaan publik. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan etika bisnis dan transparansi dalam pemasaran skincare berbahan niacinamide serta merumuskan model konseptual etika transparansi bisnis. Metode yang digunakan adalah systematic literature review terhadap publikasi ilmiah, regulasi, dan laporan industri yang relevan dengan etika pemasaran dan perlindungan konsumen. Analisis dilakukan secara kualitatif tematik untuk mengidentifikasi pelanggaran transparansi dan praktik bisnis yang tidak etis. Hasil menunjukkan bahwa praktik overclaim dan ketidakjelasan kadar bahan aktif melanggar prinsip kejujuran dan tanggung jawab, sedangkan penerapan ethical transparency, melalui keterbukaan bahan aktif, uji keamanan, dan komunikasi edukatif, meningkatkan kepercayaan publik dan daya saing merek. Penelitian ini menegaskan bahwa sinergi antara etika bisnis, regulasi hukum, dan literasi konsumen menjadi fondasi bagi industri skincare yang berintegritas dan berkelanjutan.
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
How to Cite
References
Euromonitor International. “Skin Care in Indonesia: Market Research Report.” London, 2024.
Fashion, McKinsey & Company & The Business of. “The State of Fashion: Beauty 2023,” 2023.
Ferrell, O C, John Fraedrich, and Linda Ferrell. Business Ethics: Ethical Decision Making and Cases. 13th ed. Boston: Cengage Learning, 2021.
Freeman, R E. Strategic Management: A Stakeholder Approach. Pitman Series in Business and Public Policy. Cambridge University Press, 2010. https://books.google.co.id/books?id=NpmA_q
EiOpkC.
Fsahaye, Andebrhan. “Permeation Studies of Niacinamide and Its Effect on Human Skin.” Malmö University, 2023. https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2%3A1783298/FULLTEXT02.pdf.
Hakim, Ikhwan Nur, Muhammad Diva Fadhila, Muktamar Zaky, and Daniel Handoko. “Pengaruh Etika Terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Iklan.” SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi 2, no. 3 (July 4, 2024): 252–57. https://doi.org/10.59841/saber.v2i3.1473.
Konya, Issei, Inaho Shishido, Moe Nemoto, and Rika Yano. “Risk Factors of Skin Barrier Dysfunction in Older Adults: A Systematic Review.” Japan Journal of Nursing Science 21, no. 3 (2024): e12597. https://doi.org/10.1111/jjns.12597.
Marchella, Shania, Naila Qanitah, Nur Mutiara Zahrani, and Sri Handayani. “Aspek Legalitas Dan Viralitas Dalam Peredaran Kosmetik Tanpa Izin BPOM Di Indonesia.” Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi 2, no. 4 (2025): 186–97. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i4.248.
Pemerintah Republik Indonesia. “Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.” Jakarta, 1999. https://peraturan.bpk.go.id/Details/45341/uu-no-8-tahun-1999.
Rahayu, Maryo Putra, Halimah Zahrah, Annisa Zaida Rahman, and Siti Kamila Nurhasanah. “Eksploitasi Kredibilitas Profesi Dalam Pemasaran Dan Pelanggaran Etika Bisnis Pada Produk Skincare.” PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 2, no. 4 (2025): 4231–45. https://doi.org/10.62710/61j79z64.
Renggani, Putri Dewi, Halimah Zahrah, Dwi Julyansyah, Andyka Maulana Prayoga, and Mia Damayanti. “Eksploitasi Klaim Berlebihan Dalam Etika Pemasaran Dan Implikasi Hukum Terhadap Perlindungan Konsumen.” PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 2, no. 4 (2025): 4167–74. https://doi.org/10.62710/bbda0m55.
Republik Indonesia. “Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pasal 7 Huruf B,” 1999. https://peraturan.bpk.go.id/Details/44958/uu-no-8-tahun-1999.
Satory, Agus, Lasmin Alfies Sihombing, Yeni Nuraeni, and Mustaqim Mustaqim. “Analysis of Program Implementation Education of Consumer Protection in Improving Consumer Empowerment Index.” In 4th Asian Education Symposium (AES 2019), 312–17. Atlantis Press, 2020. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.071.
Załęcki, Piotr, Julia Jezusek, and Danuta Nowicka. “Topical Niacinamide in Daily Skincare: A 3-Week Real-World Cosmetic Study.” Applied Sciences 15, no. 17 (2025): 9729. https://doi.org/10.3390/app15179729.