Perlindungan hukum konsumen jasa kesehatan digital menurut hukum positif: Studi Halodoc
Main Article Content
Abstract
Platform telemedicine seperti Halodoc telah hadir menjadi alternatif layanan kesehatan utama di Indonesia. Akan tetapi, perlindungan hukum bagi konsumen yang belum optimal menjadi sebuah tantangan baru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum konsumen jasa kesehatan digital menurut UUPK 1999 dan UU ITE 2008, serta mengevaluasi kebijakan platform Halodoc. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan, norma hukum, dan syarat layanan Halodoc dengan interpretasi sistematis dan gramatikal. Hasil penelitian menunjukkan kesenjangan signifikan antara norma perlindungan konsumen dengan implementasinya. Platform Halodoc menggunakan klausul eksonerasi yang melanggar Pasal 18 UUPK, yaitu mengalihkan tanggung jawab kepada penyedia kesehatan sebagai kontraktor independen. Temuan juga menunjukkan bahwa perlindungan data pribadi konsumen masih terbatas dan sebanyak 70% pengguna tidak memahami kebijakan privasi, serta pengawasan, juga penegakan hukum konsumen masih lemah. Dengan demikian diperlukan harmonisasi antar 4 undang-undang (UUPK, UU ITE, UU Kesehatan, dan UU PDP) dan pembentukan lembaga pengawasan khusus. Penelitian ini merekomendasikan pengimplementasian mandatory shared liability model, peningkatan standar keamanan siber dengan audit independen, peningkatan literasi digital konsumen, serta penguatan kapasitas BPSK dalam menangani sengketa telemedicine.
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
How to Cite
References
Ariyanto, Alfred, Aryono Aryono, and Maryono Maryono. “Analisis Kelemahan Dan Kekuatan UU No. 27 Tahun 2022 Dalam Melindungi Data Pribadi Pasien Telemedicine.” Proceedings Law, Accounting, Business, Economics and Language 2, no. 1 (2025): 15–26. https://ojs.udb.ac.id/label/article/view/4980.
Atria, Claudia Sophia. “Perlindungan Hak Konsumen Dalam Layanan Telemedicine : Analisis Implementasi Dan Efektifitas Peraturan Hukum Di Indonesia.” Universitas Kristen Indonesia, 2025.
Bonsapia, Max, and Jumiran Jumiran. “Aspek Hukum Telemedicine Di Indonesia.” The Juris 9, no. 1 (June 30, 2025): 259–68. https://doi.org/10.56301/juris.v9i1.1636.
Budiyanti, Rani Tiyas, and Penggalih Mahardika Herlambang. “Perlindungan Hukum Pasien Dalam Layanan Konsultasi Kesehatan Online.” Jurnal Hukum Kesehatan IndonesiA 1, no. 1 (April 18, 2021): 1–10. https://doi.org/10.53337/jhki.v1i01.1.
DLA PIPER. “How Is Telehealth Regulated?” Singapore: DLA Piper Intelligence, 2023.
ECOVIS. “Telemedicine in Vietnam: Regulations and Their Impact on Healthcare Service Providers.” ECOVIS, 2024.
Gunawan, Johannes, and Bernadette M. Waluyo. Perjanjian Baku: Masalah Dan Solusi. Germany: Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH, 2021.
Halodoc. “Kebijakan Privasi Halodoc.” halodoc.com, 2024.
Hanifa, Salihati, and Kurniawan Erman Wicaksono. “Digital Transformation of Health Services in Indonesia through the Utilization of Artificial Intelligence, Big Data, and Telemedicine: Systematic Literature Review-VOSviewer.” Proceeding of The International Conference of Inovation, Science, Technology, Education, Children, and Health 5, no. 1 (June 30, 2025): 181–92. https://doi.org/10.62951/icistech.v5i1.280.
Hariningsih, Sri. “Sekelumit Mengenai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.” Jurnal Legislasi Indonesia 5, no. 4 (November 29, 2018): 42–52. https://doi.org/10.54629/jli.v5i4.305.
Heriyanto, Heri. “Analisis Perbandingan Regulasi Dan Perlindungan Hukum Atas Privasi Data Pasien Di Tiga Negara Asia Tenggara (Indonesia, Singapura, Dan Laos).” Jurnal Ners 7, no. 2 (August 3, 2023): 1247–59. https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.16760.
Husna, Himayatul. “Perlindungan Konsumen Terhadap Pasien Halodoc Persepektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen & Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran.” Universitas Islam Negeri KHAS Jember, 2024.
Idarus, Habib Ali Al. “Perlindungan Hukum Bagi Pasien Dokter Online Menurut Hukum Positif Dan Maqashid Syariah.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4, no. 4 (2024): 3102–19. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.12293.
Indonesia, Pemerintah Pusat. Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan (2023).
———. Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (1999).
Iswanto, Vovo, and Ingrid Gratsya Zega. “POJK 22/2023: Kepatuhan Pelindungan Konsumen Di Tahun 2024.” Hukum Online.Com, 2025. https://www.hukumonline.com/berita/a/pojk-22-2023--kepatuhan-pelindungan-konsumen-di-tahun-2024-lt677e46eba2633/.
Kemenkes. “Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024 Diluncurkan, Fokus Ke Pelayanan Kesehatan Bukan Pelaporan Untuk Pejabat.” Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2021.
Küzecİ, Elif. “Personal Data Protection Law.” In Introduction to Turkish Business Law, 457–81. Peter Lang, 2022.
Lestari, Rinna Dwi. “Perlindungan Hukum Bagi Pasien Dalam Telemedicine.” Jurnal Cakrawala Informasi 1, no. 2 (2021): 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jci.v1i2.150.
Manurung, Hanafi, Handri Michael Sianturi, Ok. Isnainul, and Sahbudi Sahbudi. “Implikasi Hukum Atas Penggunaan Teknologi Dalam Pelayanan Kesehatan Telemedicine.” Judge: Jurnal Hukum 5, no. 3 (2024): 91–97. https://doi.org/https://doi.org/10.54209/judge.v5i03.806.
Melinda, Tanika, and Cut Irna Setiawati. “Analisis Minat Pengguna Layanan Telemedicine Halodoc Di Kota Bandung Dengan Menggunakan Model Modifikasi UTAUT2.” SEIKO: Journal of Management and Business 5, no. 2 (2022): 262–73. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2212.
Mulkan, Hasanal. “Peranan Hakim Dalam Persidangan Perkara Pidana Sebagai Upaya Penegakan Hukum Pidana.” Jurnal Hukum Samudra Keadilan 16, no. 2 (December 29, 2021): 305–19. https://doi.org/10.33059/jhsk.v16i2.4118.
Mutiah, Fifi, Hotma Sibuea, and Mardi Chandra. “Telemedicine Regulation in Indonesia: Legal Frameworks, Challenges, and Future Directions.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 4, no. 4 (May 5, 2025): 242–51. https://doi.org/10.58344/jmi.v4i4.2267.
Nadiroh, Aenun, and Sidi Ahyar Wiraguna. “Analisis Yuridis Kebocoran Data Di Layanan Kesehatan Digital: Studi Kasus Aplikasi Telemedicine Di Indonesia.” Media Hukum Indonesia (MHI) 2, no. 6 (2025): 313–20. https://doi.org/10.5281/zenodo.15520536.
Nugrahadi, Aryandaru, Rr Rania Amalia Dianti, Fitia Maulidia Rahma, and Fanina Ferdiana. “Penerapan Klausula Baku Dalam Platform Layanan Kesehatan Online Sebagai Bentuk Pembatasan Tanggung Jawab Atas Kesalahan Diagnosis Dokter.” Jurnal Ilmu Multidisiplin 4, no. 2 (July 9, 2025): 1000–1014. https://doi.org/10.38035/jim.v4i2.1039.
Pembayun, Eys Putri, and Arifin Faqih Gunawan. “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Digital: Tinjauan Terhadap Implementasi UU Perlindungan Konsumen Di Marketplance.” Jurnal Fakta Hukum 3, no. 2 (June 27, 2025): 84–94. https://doi.org/10.58819/jfh.v3i2.156.
Rahmasari, Farah Fauziah, Putri Asmita Wigati, and Rani Tiyas Budiyanti. “Analisis Pengaruh Keputusan Penggunaan Telemedicine Halodoc Di Kota Bogor.” Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia 11, no. 2 (August 30, 2023): 190–202. https://doi.org/10.14710/jmki.11.2.2023.190-202.
Sari, Ella Nanda. “The Indonesian Digital Health Landscape,” 2022. https://www.hitap.net/en/documents/187528.
Setyowati, Desy. “Jumlah Pengguna Baru Layanan Telemedicine Capai 44% Dalam 6 Bulan.” Katadata.Co.Id, April 7, 2022. https://katadata.co.id/digital/startup/624e9b8b96669/jumlah-pengguna-baru-layanan-telemedicine-capai-44-dalam-6-bulan.
Sidabutar, Tarida Grace Wahyuni Margaretha, and Didi Juardi. “Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Penggunaan Halodoc Sebagai Layanan Telemedicine Di Indonesia.” Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan 13, no. 1 (January 20, 2025). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5682.
Soelasih, Yasintha, Sumani Sumani, and Efendi Efendi. “Consumer Trust in Telemedicine in Indonesia.” Health Informatics Journal 31, no. 2 (April 23, 2025). https://doi.org/10.1177/14604582251345328.
Subagyono, Bambang Sugeng Ariadi, Mochamad Kevin Romadhona, Zahry Vandawati Chumaida, Bambang Suheryadi, and Noureldin Samy Elkhashab. “Can Indonesia’s Laws Keep Up? Protecting Consumer Rights in Digital Transactions.” Journal of Law and Legal Reform 5, no. 3 (October 31, 2024): 869–90. https://doi.org/10.15294/jllr.v5i3.4202.
Suwanmatajarn, Panisa. “Telemedicine Practices and Data Protection Compliance in Thailand.” Thailand: Global Law Experts, 2025.
Syailendra, Moody R. “Perlindungan Data Pribadi: Implementasi UU No. 27 Tahun 2022 Dan Tantangan Penegakannya.” UNTAR: Fakultas Hukum, November 9, 2025. https://fh.untar.ac.id/2025/09/11/perlindungan-data-pribadi-implementasi-uu-no-27-tahun-2022-dan-tantangan-penegakannya/.
Tombokan, Christian Daniel, Hervian Y. Rumenga, and Royke Y. J. Kaligis. “Perlindungan Hukum Terhadap Kerahasiaan Data Pasien Dalam Aplikasi Layanan Kesehatan Online Yang Disalahgunakan.” Lex Privatum 14, no. 4 (2024). file:///C:/Users/User/Downloads/Jurnal+Christian+Daniel+Tombokan (3).pdf.
Wardah, Wardah. “UU Perlindungan Data Pribadi No. 27 2022 Di Sektor Kesehatan.” Ehealth.Co.Id, November 2, 2023. https://ehealth.co.id/blog/post/uu-perlindungan-data-pribadi-no-27-2022-di-sektor-kesehatan/.
Wardani, Setiabudi Eristin. “Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Sebagai Pengguna Fitur Layanan Di Aplikasi Dan Website Halodoc Indonesia.” Universitas Gadjah Mada, 2019.
Widjaja, Gunawan, Wagiman Wagiman, Dyah Ersita Yustanti, Hotmaria Hertawaty Sijabat, and Handojo Dhanudibroto. “Implementasi Perlindungan Data Pribadi Pasien Dalam Layanan Telemedicine Di Indonesia: Analisis Regulasi Dan Tantangan Praktis.” Jurnal Kesehatan 3, no. 2 (2025): 148–58. https://wikep.net/index.php/JUKESAH/article/view/253.
Wulan, Damasus Darma, Jerry G. Tambun, Efrila Efrila, and Anggiat Lumban Toruan. “Kajian Yuridis Pelayanan Telemedisin Dalam Memberikan Perlindungan Data Pribadi Pasien.” Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online) 3, no. 3 (October 5, 2024): 2676–90. https://doi.org/10.36312/jcm.v3i3.3664.
Yuliana, Ni Luh Dina, and I Nyoman Bagiastra. “Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Yang Menderita Kerugian Akibat Salah Diagnosis Dalam Platform Layanan Kesehatan Online.” Kertha Wicara 10, no. 8 (2021): 645–53. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/KW.2021.v10.i08.p07.