Analisis peran guru dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19

Main Article Content

Rifky Apriansyah
Yustika Irfani Lindawati

Abstract

Pembelajaran daring merupakan suatu pembelajaran yang harus dipersiapkan dengan baik dari mulai dari segi perencanaan, pelaksanaan, hingga kepada evaluasi pembelajaran. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan kajian mengenai bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran daring dilihat dari proses pembelajarannya. Fokus pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran-peran guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang dengan subjek penelitiannya adalah guru, dan siswa dalam hal ini peneliti melakukan wawancara mengenai beberapa indikator dari peran guru, (1) peran guru sebagai sumber belajar, dalam pembelajaran daring guru memberikan sumber belajar, seperti E-book dan beberapa video pembelajaran (2) peran guru sebagai motivator, guru memberikan motivasi kepada peserta didik (3) peran guru sebagai evaluator, disini guru berperan untuk memberikan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai suatu materi pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Apriansyah, R. ., & Lindawati, Y. I. . (2023). Analisis peran guru dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 38–43. https://doi.org/10.55904/educenter.v2i1.206
Section
Articles