Pengembangan tes diagnostik berbasis web pada materi konsep redoks

Main Article Content

Nur Koimah
Zainuddin Muchtar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan tes diagnostik berbasis web pada materi kimia konsep redoks, (2) mengetahui profil pemahaman konsep siswa setelah menggunakan tes diagnostik berbasis web pada materi konsep redoks, (3) mengetahui respon guru kimia terhadap tes diagnostik berbasis web pada materi kimia konsep redoks, dan (4) mengetahui respon siswa terhadap tes diagnostik berbasis web pada materi kimia konsep redoks. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi), penelitian ini dibatasi pada uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik berbasis web pada materi konsep redoks dinyatakan layak setelah dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, respon guru dan siswa. Penilaian ahli materi dengan persentase rata-rata 89,34% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli media dengan persentase rata-rata 87,59% dengan kategori sangat layak, persentase respon guru 91,34% dengan kategori sangat menarik dan persentase respon siswa 88,84% dengan kategori sangat menarik. . Profil pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan baik pemahaman konsep siswa perbutir soal maupun pemahaman siswa persub konsep.

Article Details

How to Cite
Koimah, N. ., & Muchtar, Z. . (2023). Pengembangan tes diagnostik berbasis web pada materi konsep redoks. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 67–75. https://doi.org/10.55904/educenter.v2i1.218
Section
Articles