Miskonsepsi penyelesaian soal cerita matematika pada materi FPB dan KPK

Main Article Content

Aam Amaliyah
Juliasih
Roselana Ardani
Amartia Putri
Pipin Rismawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab miskonsepsi pada siswa dalam penyelesaian soal cerita tentang materi KPK dan FPB. Subjek penelitian yang dituju yaitu siswa kelas IV SDN Sukasari 1 dengan menggunakan metode angket, tes, wawancara serta dokumentasi secara langsung di lapangan. Pelaksanaan tes diagnostik tertulis diberikan kepada sebanyak 14 siswa. Setelah dilakukan tes diagnostik tersebut dan dapat diketahui miskonsepsi yang dialami siswa, maka langkah selanjutnya dilakukan wawancara kepada siswa dan guru wali kelas IV tersebut. Dari hasil penelitian, hampir seluruh siswa mengalami miskonsepsi konsep, sistematika, dan miskonsepsi hitung. Menurut wawancara dari guru wali kelas, sebelumnya siswa kelas IV tersebut sudah pernah diajarkan KPK dan FPB baik soal cerita maupun soal biasa. Akan tetapi, karena dampak pandemi yang belakangan ini merebak di Indonesia, membuat sekolah-sekolah dialihkan ke pembelajaran jarak jauh/online. Sehingga siswa kurang minat dalam belajar, kurang pengawasan secara langsung dari guru, serta perhatian orang tua di rumah.

Article Details

How to Cite
Amaliyah, A. ., Juliasih, Ardani, R. ., Putri, A. ., & Rismawati, P. . (2023). Miskonsepsi penyelesaian soal cerita matematika pada materi FPB dan KPK. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 76–83. https://doi.org/10.55904/educenter.v2i1.219
Section
Articles