Upaya meningkatkan hasil belajar “perhatian dan keaktifan” siswa pada muatan bahasa indonesia dengan model kooperatif learning

Main Article Content

Riris Sukma Indriani

Abstract

Laporan penelitian yang berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar “ Perhatian dan Keaktifan”Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Dengan Model Kooperatif Learning ini bertujuan untuk mendapatkan informasi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif learning di kelas 5 SDN Kunci 1 Dander. Adapun masalah dalam penelitian ini yakni rendahnya perhatian dan keaktifan siswa dalam pembelajaran pada muatan bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan wawancara yang dilakukan selama penelitian pada siklus I dan siklus II sedang berlangsung. Peneliti mengharapkan untuk penelitian berikutnya agar memilih metode yang tepat dan menggunakan alat peraga yang mendukung terhadap materi pembelajaran untuk meningkatkan perhatian dan keaktifan siswa.

Article Details

How to Cite
Indriani, R. S. . (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar “perhatian dan keaktifan” siswa pada muatan bahasa indonesia dengan model kooperatif learning. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 84–87. https://doi.org/10.55904/educenter.v2i1.221
Section
Articles