Pengembangan bahan ajar kimia berbasis project based learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit
Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Reasearch and Development (R&D). Produk yang dihasilkan adalah produk baru yaitu bahan ajar berupa modul berbasis PjBL pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Dalam penelitian ini menggunakan model 4–D yang disederhanakan menjadi 3–D seperti yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yang meliputi; tahap Define (Pendefenisian), tahap Design (perancangan), dan tahap Develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, lembar validasi, angket dan observasi, dan dokumentasi. Hasil dari validator ahli materi pertama memperoleh skor 175 dan rata-rata skor 3,37, kedua memperoleh skor 177 dan rata-rata skor 3,40, dan ketiga memperoleh skor 182 dan rata-rata skor 3,5. Hasil penilaian validator ahli model PjBL memperoleh skor 33 dan rata-rata skor 3,67 yang dikategorikan sangat layak dan tidak perlu revisi. Dan penilaian angket peserta didik pada rentang nilai 3,26 < Skor ≤ 4,00 berjumlah 28 orang, dimana penilaian ini masuk ke kategori penilaian sangat baik. Kemudian penilaian siswa pada rentang nilai 2,51 < Skor ≤ 3,25 berjumlah 2 orang, dimana penilaian ini masuk ke kategori baik. Secara keseluruhan, bahan ajar yang telah disusun layak untuk digunakan pada pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.