Pengembangan media pembelajaran berbasis metode komputasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menentukan hasil analisis kebutuhan dan kelayakan media pembelajaran berbasis metode komputasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dan disajikan dengan menggunakan Macromedia Flash 8. Penelitian ini menggunakan instrument non tes, instrument non tes yang digunakan berupa Lembar Validasi yang telah memenuhi standar BSNP oleh validator. Hasil analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa tidak ada buku khusus yang menjadi buku panduan dan media yang digunakan hanya sebatas power point untuk menyajikan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang sangat menonton sehingga membuat siswa sulit untuk memahami materi. Dengan ada nya media pembelajaran berbasis visualisasi 3D yang disajikan dengan macromedia flash 8 akan lebih layak untuk memenuhi kebutuhan belajar dan mengajar dikelas. Persentase rata-rata penilaian validator ahli media pada kelayakan isi yaitu 87,50%, kelayakan penyajian yaitu 86,25%, kelayakan bahasa yaitu 87,50%, aspek kontekstual yaitu 91,66%. Dan untuk persentase penilaian media rata-rata pada aspek pengaruh terhadap strategi yaitu 75,00%, aspek rekayasa perangkat lunakyaitu 80,00% dan aspek tampilan visual dan audio yaitu 85,00%. Mengenai data tersebut diketahui bahwa media pembelajaraan berbasis kimia komputasi yang disajikan dengan macromedia flash 8 layak untuk digunakan
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.