Modifikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran berbasis android yang dimodifikasi pada materi laju reaksi telah sesuai dengan standar kelayakan BSNP, dan mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi lebih tinggi dari nilai KKM. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang menghasilkan suatu produk yang dimodifikasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi media dan tes kognitif siswa. Data kelayakan media dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil belajar dianalisis secara statistik. Modifikasi yang dimaksud disini yakni memodifikasi media pembelajaran berbasis android menjadi lebih menarik dengan menambahkan animasi untuk memvisualkan materi teori tumbukan dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dimodifikasi pada materi laju reaksi dinyatakan sangat layak dengan nilai rata-rata ahli materi 3,80; ahli media 3,64; dan praktisi pembelajaran 3,73. Hasil uji coba media menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis android lebih tinggi dari nilai KKM yakni 87,65 dan mengalami peningkatan sebesar 0,80 dengan kategori tinggi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.