Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice Berbasis Android Based Test Untuk Mengukur Miskonsepsi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA

Main Article Content

Cintia Fitriani Rumapea
Ramlan Silaban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mendeteksi miskonsepsi siswa yang terjadi pada konsep laju reaksi berdasarkan hasil diagnosis siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan dan menunjukkan sub konsep yang mengalami miskonsepsi tinggi maupun rendah. Penelitian ini dilaksanakan pada November-Desember 2021. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pengembangan Borg & Gall. Metode yang digunakan adalah tes, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian dimulai dengan pengumpulan data dan studi literatur, deskripsi dan desain produk, validasi produk oleh ahli, uji coba skala kecil, analisis dan revisi produk, uji coba skala luas. Hasil validasi oleh validator
menunjukkan instrumen yang dikembangkan valid. Validitas tes yang dikembangkan diperoleh 20 butir soal valid dan 10 butir soal yang tidak valid, hasil uji coba reliabilitas menunjukkan angka reliabilitas sebesar 0,9089 dan hasil validasi media Chemsdro TT diperoleh rata-rata kelayakan BSNP sebesar 3,62. Instrumen tes diagnostik three-tier berbasis android based test dapat digunakan untuk menganalisis miskonsepsi dan pemahaman konsep siswa pda materi laju reaksi dengan menggunakan interpretasi kombinasi jawaban siswa. Hasil analisis miskonsepsi dan pemahaman konsep siswa SMA Negeri 9 Medan secara keseluruhan adalah 40% miskonsepsi, 35% paham konsep, dan 25% tidak paham konsep

Article Details

How to Cite
Cintia Fitriani Rumapea, & Ramlan Silaban. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice Berbasis Android Based Test Untuk Mengukur Miskonsepsi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i2.44
Section
Articles