Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ribhatul Khail Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan konseptual, keterampilan hubungan insani, dan keterampilan teknis yang dimiliki oleh kepala Madrasah dalam mengelola Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk ketrampilan konseptual kepala madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ribathul Khail selalu mengedepankan visi dan misi institusi. Keterampilan hubungan insani di lingkungan madrasah aliyah terjalin dengan adanya kerja sama yang dilakukan dengan mendasarkan pada faktor kekeluargaan dan peran partisifatif sangat dominan dalam menyikapi dan dalam menyelesaikan suatu permasalahan belajar mengajar. Adapun salah satu kelemahan madrasah adalah tidak ada MGMP atau KKG. Keterampilan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas madrasah aliyah pondok pesantren Ribathul Khail selalu memperhatikan assement pendidikan yang mengarah pada perkembangan pribadi psikologis santri sehingga nantinya memiliki fondamen yang kuat dalam mengaktualisasikan diri di dalam masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan konseptual, keterampilan hubungan insani, dan keterampilan teknis yang dimiliki oleh kepala Madrasah dalam mengelola Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong dapat dikatakan sudah baik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.