Psikologi pendidikan agama kristen dalam keluarga yang berkarakter

Main Article Content

Lusia Rahajeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang dasar alkitabiah dalam perjanjian baru mengenai pendidikan agama kristen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter yang berkualitas harus dibangun dan dikembangkan secara sadar hari demi hari. Untuk mewujudkan pendidikan karakter yang membentuk kepribadian anak, maka perlulah kita melihat ragam tipe pola asuh orangtua dan yang terbaik adalah memberikan kebebasan kepada anak untuk menjadi dirinya sendiri, yang tentu saja butuh bimbingan dan arahan dari orangtua sebagai pendidik utama. Untuk mewujudkan tiga pilar pendidikan yang utama yakni keluarga, sekolah dan gereja, kita perlu belajar dari Teori Ekologi Bronfenbrenner. Dapat disimpulkan bahwa ketiga pusat pendidikan sama-sama memegang peran penting dalam keberhasilan pendidikan karakter pada anak dan pada dasarnya semua saling berkaitan dan saling kerjasama satu sama lain dan keluarga sebagai satuan unit sosial terkecil merupakan lingkungan pendidikan yang paling utama dan bertanggung jawab mendidik anak-anaknya.

Article Details

How to Cite
Lusia Rahajeng. (2022). Psikologi pendidikan agama kristen dalam keluarga yang berkarakter. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 61–81. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i2.46
Section
Articles